Mengenal SEAAM (SEAAM)

Mengenal SEAAM, Jejaring Kerjasama Perguruan Tinggi

Seaam.unaim-wamena.ac.id, Wamena – Southeast Asia Academic Mobility disingkat SEAAM. Dibentuk 12 November di kampus IAIN Manado. Dihadiri dosen-dosen dari 16 perguruan tinggi yang menyepakati pembentukan jejaring.

Walau kehadiran tidak atas nama kampus, dalam kesempatan tersebut juga ada penandatanganan Piagam Kerjasama (MoU) diantaranya dari Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Memateraikan MoU pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan dalam rangkaian International Postgraduate Research Conference (IPRC). Agenda IPRC menjadi kegiatan rutin SEAAM bersama dengan mitra perguruan tinggi. Terakhir, IPRC 2022 dilaksanakan di Istanbul, Turkiye.

Selanjutnya untuk sekretariat tetap diputuskan dan dipersetujui bersama bertempat di Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena, Papua. Sekaligus di awal 2017 dilaksanakan satu Simposium Pendidikan Tinggi. Mengiringi pengumuman penempatan sekretariat tetap. Ini ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi terbentuknya citra bahwa untuk urusan antarbangsa, sekalipun di Papua, tetap saja dapat terlaksana.

Pertanyaan yang sesekali disampaikan kolega “bagaimana caranya bergabung dengan SEAAM?”. Keberadaan SEAAM tak lebih dari jejaring saja. Ini adalah wadah untuk memudahkan percakapan dan juga melancarkan aktivitas.

Dalam menjalankan aktivitas SEAAM tidak ada keanggotaan, dan juga iuran. Keberadaan SEAAM merupakan fasilitator belaka. Ringkasnya wadah untuk bersama-sama bekerja, dan berkarya bersama-sama.

Sebagai sebuah jejaring, tetap saja dalam SEAAM ada scientific committee yang dilantik dalam kurun waktu dua tahun. Sekaligus sebagai sebuah sarana komunikasi akademik dengan kolega di pelbagai negara.

Diawali dengan nama Asia Tenggara, namun aktivitas kerjasama yang dijalankan tidak saja di Asia Tenggara saja. Sudah menjalin kerjasama dengan wilayah Asia lainnya, seperti Asia Timur, dan Asia Barat. Begitu pula, sejak 2017 menjalin kerjasama dengan Turkiye.

Dalam masa-masa pandemi bahkan SEAAM menjalin kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar melaksanakan SEARCHMACCA (Southeast Asia Student Research Competition on Mathematic Education). Terlaksana dalam dua tahun 2020 dan juga 2021.

Salah satu platform lainnya adalah Student Mobility. Bahkan pembentukan SEAAM diawali dari pelaksanaan Student Mobility di tahun 2016 oleh pascasarjana Universitas Airlangga. Dalam kesempatan tersebut membolehkan keikutsertaan dosen dari IAIN Manado dan STAIN Sorong.

Selama perjalanan ke Malaysia dan Thailand di 2016 tersebut, kemudian didiskusikan adanya kesempatan untuk menghimpuan potensi dan keperluan yang ada dari masing-masing dosen sehingga bertemu di Manado dan membentuk SEAAM.

Student Mobility 2022 yang lalu terlaksana 26 Oktober s.d. 6 November 2022 dengan peserta sebanyak 81 orang dosen dan juga mahasiswa. Berkegiatan bersama delapan perguruan tinggi, dan juga mendiskusikan kolaborasi terkait dengan tri dharma perguruan tinggi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *