Mobility Student 2021 (Koleksi SEAAM)

SEAAM Selenggarakan Mobility Student 2021, 21 Perguruan Tinggi Indonesia Ikut Serta

Seaam.unaim-wamena.ac.id, Makassar – Memasuki pandemi tahun kedua ini, South East Student Mobilty (SEAAM) kembali akan mengadakan kegiatan Mobility Student 2021 dengan menghadirkan 21 Institusi Pendidikan Tinggi dari berbegai negara di Asia Tenggara, pada Selasa, 30 November 2021.

Mobility Student 2021 yang diikuti 21 kampus ini berasalah dari 5 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina.

Kemudian pelaksanaan Mobility Student 2021 ini diselenggarakan dengan konsep hybride (daring dan luring), dimana perwakilan hadir luring dibatasi dan tetap mengikuti protokol kesehatan, karena masih dalam kondisi pandemi. Sementara pembicara dari pelbagai negara diatas bergabung secara daring.

Salah satu perwakilan Indonesia yang mengikuti Mobility Student 2021, Ismail Suardi Wekke menyampaikan bahwa selain dari itu ada sesi yang dihadirkan oleh 21 perguruan tinggi negeri ini dengan diskusi soal hubungan Asia Tenggara dengan Amerika Latin, dalam hal ini negara Argentina.

“Sehingga pelaksanaan dari Mobility Student adalah salah satu yang menjadi kegiatan SEAAM dari berbagai mitra yang ada. Disamping itu pula kegiatan ini merupakan menjadi awal terbentuknya SEAAM tahun 2016 yang diawali dengan Mobilty Student yang masa itu di prakarsai oleh Universitas Airlangga dan ditambah perguran tinggi dari Malaysia dan Thailand,” kata Dosen tetap Pascasarjana IAIN Sorong.

Jadi harapannya dengan sesi bersama Argentina perwakilan Amerika latin, akan kembali menghadirkan wadah atau forum hubungan kerjasama antara Asia Tenggara dan Amerika Latin dalam peningkatan kapisitas institusi perguruan tinggi.

Seperti dikutip terkini.id Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) baru saja melaksanakan Student Mobility yang berlangsung selama sepuluh hari, 1-10 Desember 2021.

Bagian akhir pelaksanaan Student Mobility dengan diskusi terkait perbandingan pendidikan bersama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Asian Comparative Education Research Network (ACER-N), Jumat, 10 Desember 2021.

Prof. Dr. Nor Aishah Buang, Prof. Dr. Cholichul Hadi, dan Dr. Muh. Ishka, merupakan panel dalam sesi ini. Dipandu oleh Afidatul Asmar, M.Sos., dosen IAIN Parepare, Sulawesi Selatan.

Sejak 1 Desember 2021, Student Mobility diawali dengan sesi workshop nasional terkait dengan penggunaan aplikasi Turnitin untuk mendukung integritas peneliti dalam menyelesaikan proses penelitian.

Sementara dari Tanah Papua, juga turut Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke.

Dr. Sudirman, Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Sorong mengemukakan bahwa pascasarjana IAIN Sorong sejak awal sudah turut dalam pelaksanaan kerjasama jejaring di Asia Tenggara.

“Bahkan dalam pelaksanaan student mobility yang dilaksanakan sebelum pandemi, turut menyertakan tiga orang mahasiswa untuk bersama-sama dalam kegiatan tersebut,” tutur Dr. Sudirman yang menyelesaikan pendidikan doktoral di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.***

Telah terbit di laman web: https://bandung.urbanjabar.com/featured/pr-3052125042/wakili-indonesia-dalam-mobilty-student-2021-ismail-suardi-wekke-21-perguruan-tinggi-ikut-serta?page=2

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *