Kuliah Umum (Koleksi SEAAM)

FEBI UIN Alauddin dan SEAAM Gelar Kuliah Umum Bersama Tiga Kampus, Kemitraan dengan STIA Abdul Haris

Seaam.unaim-wamena.ac.id, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar mengadakan kuliah umum dengan melibatkan kolaborasi tiga perguruan tinggi lainnya, yakni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Maros, STAI AL Furqan Makassar serta Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Abdul Haris di Makassar, Selasa, 7 Juni 2022.

Kuliah umum di awali pengantar dari Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar,Dr. Amiruddin K,ME. I, Adapun kuliah disampaikan Ismail Suardi Wekke, Ph.D, Scientific Committee Southeast Asia Academi Mobility (SEAAM), yang juga Ketua STIA Abdul Haris.

Ketua STIA Abdul Haris mengungkapkan kuliah umum ini awal dari kolaborasi perguruan tinggi dalam rangka kerja sama Asia Tenggara. Kolaborasi kampus ini mencanangkan program student mobility di Asia Tenggara yang berlangsung Oktober dan November akan datang.

Kuliah dilaksanakan dengan metode hybrid, peserta seminar hadir di ruang seminar FEBI UIN Alauddin, dan juga sebagian diantaranya mengikuti melalui aplikasi zoom.

“Untuk itu kuliah umum dilaksanakan sebagai sosialisasi perencanaan kegiatan dan mengundang juga mahasiswa dan dosen untuk turut serta dalam kegiatan,” kata Ismail Suardi Wekke yang juga sebagai Scientific Committee Southeast Asia Mobility (SEAAM).

Kegiatan kolaborasi ini sambung Ismail, merupakan respon dari kerja sama yang dicanangkan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), oleh Prof. Dato Dr Mohd Ekhwan sebagai Naib Canselor saat berkunjung di Makassar akhirnya mei lalu.

SEAAM merupakan wadah kerjasama kawasan, namun tidak terbaatas Asia Tenggara. Jaringan SEAAM juga diikuti oleh warga akadmeik di luar Asia Tenggara, seperti Turki, Jepang, India dan Taiwan.

“Bahkan pembentukan SEAAM justru berawal ketika pelaksanaan Student Mobility,” ujar Ismail Suardi Wekke.

Selanjutnya, Ismail mengemukakan bahwa pada 2016 jurusan hubungan internasional program magister Universitas Airlangga mengadakan Student Mobility dengan juga menyertakan dosen STAIN Sorong dan IAIN Manado.

“Pelaksanaan Student Mobility pada saat itulah yang kemudian menjadi awal dalam pembentukan SEAAM yang dilaksanakan di IAIN Manado dalam rangkaian International Postgraduate Research Conference,” tutur Ismail.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *